Sering ditanyakan: Mengapa Negara Indonesia Disebut Negara Maritim?

Mengapa indonesia disebut negara agraris dan negara maritim?

Indonesia disebut sebagai negara kepulauan sekaligus negara maritim karena Indonesia adalah negara kepulauan. Negara maritim adalah negara yang memiliki luas laut lebih besar dibandingkan dengan luas daratan yang terdiri atas pulau – pulau.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim brainly?

Indonesia disebut negara maritim karena sebagian besar wilayah Indonesia berupa perairan. Selain itu, wilayah Indonesia juga dikelilingi oleh tiga perairan besar, yaitu Laut China Selatan, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan?

Dikutip dari buku Pengetahuan Sosial karya Tri Nur Hadiyati, Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena wilayahnya terdiri dari pulau – pulau. Tercatat, ada sekitar 17.500 pulau yang dimiliki Indonesia.

Apa yang dimaksud dengan negara agraris dan negara maritim?

Istilah negara maritim dan negara agraris adalah menunjuk pada dua hal yang berbeda. Pengertian negara maritim adalah negara yang wilayah teritorialnya sebagian besar berupa lautan/perairan. Adapun pengertian dari negara agraris adalah negara yang profesi penduduknya mayoritas di bidang agraris atau pertanian.

Apa yang dimaksud dengan Indonesia sebagai negara maritim berikan pendapatmu sendiri?

KOMPAS.com – Negara maritim adalah negara yang berada dalam kawasan laut yang luas. Dilansir dari situs Perum Perindo, Indonesia secara geografis sebuah negara kepulauan dengan dua pertiga luas lautan lebih besar daripada daratan.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Korea Selatan Dan Korea Utara Berpisah?

Apa perbedaan maritim dengan Agraris?

Negara maritim adalah negara yg sebagian besar wilayahnya merupakan perairan. Negara agraris adalah negara yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani.

Apa saja ciri ciri Republik Indonesia sebagai negara maritim sekarang ini?

Ciri Negara Maritim

  • Negara maritim memiliki wilayah perairan atau laut yang lebih luas sekitar 2/3 dari wilayah daratan.
  • Memiliki banyak pulau yang dikelilingi oleh perairan atau laut.
  • Memiliki sumber daya laut sangat besar, baik sumber daya alam,mineral, energi, dan lain sebagainya.

Apa itu Agraris brainly?

Pengertian agraris adalah sektor pertanian atau penduduk yang mayoritasnya memiliki mata pencaharian pada sektor pertanian. Pertanian menjadi sektor yang utama dalam negara agraris karena penduduknya bekerja sebagai petani. Pertanian adalah hal utama pada negara agraris dengan sumber daya alam yang bermacam-macam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *