Sering ditanyakan: Mengapa Pulau Jawa Padat Penduduknya?

Pendapat kalian apa faktor faktor penyebab pulau Jawa menjadi pulau yang padat?

4 faktor penyebab pulau jawa padat penduduk yaitu: Ibu kota negara ada di pulau jawa. Sarana dan prasrana lengkap. Sebagai tempat industri yang berkembang pesat.

Pulau apakah yang paling padat penduduknya?

Pulau Bungin, Indonesia. Alih-alih Pulau Jawa, Pulau Bungin justru yang mendapat julukan terpadat di dunia. Ini dikarenakan di pulau yang terletak di Kabupaten Alas, Sumbawa, NTB, ini perbandingan penduduk dengan luasnya sangat jomplang.

Apa akibat bagi daerah yang penduduknya padat?

Kepadatan penduduk pada daerah tertentu akan memiliki efek samping terkait dengan permasalahan kependudukan, antara lain: Munculnya kawasan-kawasan kumuh kota dengan rumah-rumah yang tidak layak huni. b. Tingginya kompetisi di dunia kerja. c. Turunnya kualitas lingkungan.

You might be interested:  Pertanyaan: Mengapa Kita Harus Menghormati Hak Asasi Orang Lain?

Faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya pemusatan penduduk di Pulau Jawa?

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab pulau Jawa mempunyai penduduk yang sangat besar.

  1. Secara umum Pulau Jawa mempunyai tanah yang subur.
  2. Banyaknya industri berkembang dan membutuhkan banyak tenaga kerja.
  3. Banyak kota besar yang ada memberikan banyak fasilitas yang menarik orang untuk datang.

Apakah penyebab yang terjadi apabila suatu daerah padat akan penduduk?

Faktor Sosial Budaya Terdapatnya kawasan kumuh dan rumah tidak layak huni dikawasan tertentu. Tingginya tingkat daya saing kerja. Turunnya tingkat kualitas lingkungan sekitar. Berpengaruh terhadap tingkat keamanan.

Pulau manakah yang paling padat sedikit penduduknya di Indonesia?

Pulau manakah yang paling sedikit penduduknya di Indonesia? Pembahasan: Di antara pulau besar (Papua, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan Jawa), maka pulau Papua yang memiliki jumlah penduduk paling sedikit, hanya sekitar 4 juta jiwa saja.

Pulau manakah yang paling padat penduduknya di Indonesia tahun 2020?

Kemudian, diprediksi tahun 2020 jumlah penduduk pulau Jawa mencapai 152 juta jiwa. Bila dihitung dengan luas wilayah pulau Jawa mencapai 128.297 km² maka kepadatan penduduk mencapai 1.184 jiwa per km². Artinya, Jawa menjadi pulau besar yang paling padat penduduknya di Indonesia 2020.

Pulau manakah yang paling padat penduduknya dan yang paling sedikit penduduknya di Indonesia?

Di sini terlihat bahwa pulau Jawa meski memiliki wilayah paling kecil dari pulau – pulau besar lainnya, memiliki jumlah penduduk terbanyak dan juga merupakan pulau terpadat. Salah satu penyebab kepadatan dan junlah penduduk yang besar di Jawa adalah tanah di Jawa yang subur.

Apa akibat penduduk yang semakin meningkat?

Jawaban. Dampak ledakan penduduk antara lain semakin tingginya angka pengangguran, kriminalitas, dan memburuknya kondisi sosial lainnya. faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya ledakan penduduk adalah: Tingkat kematian yang menurun.

You might be interested:  Pertanyaan: Mengapa Terjadi Pelanggaran Hukum?

Apa dampak yang terjadi jika keadaan penduduk di Indonesia semakin padat?

Jika wilayah Indonesia semakin padat, maka kota kota besar pun juga semakin ramai. Para penduduk beraktivitas dengan alat alat yang bisa mengeluarkan polusi. Baik polusi udara, polusi air, maupun polusi tanah.

Prediksikan apa yang akan terjadi jika penduduk di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya?

Yang akan terjadi /akibatnya adalah Indonesia akan padat, karena setiap tahun jumlah penduduk meningkat. Dan angka kelahiran lebih besar dari pada angka kematian.

Apa sajakah faktor lain yang membuat terjadinya pemusatan penduduk?

faktor geografis (khususnya faktor fisik berupa tanah yang lebih subur), faktor sejarah, dan faktor peningkatan lapangan kerja di suatu daerah yang membuat masyarakat tertarik dan terjadilah pemusatan penduduk.

Faktor apa yang menyebabkan terjadinya pemusatan penduduk pada suatu tempat?

Selain karena pertumbuhan alami, pemusatan penduduk di suatu wilayah juga didorong oleh faktor: Fisiografis. Ekonomi. Sosial budaya.

Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya migrasi?

Faktor yang menyebabkan terjadinya migrasi: – Adanya harapan akan memperoleh kesempatan untuk memperbaikan taraf hidup. – Adanya kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik. – Keadaan lingkungan dan keadaan hidup yang menyenangkan, misalnya iklim, perumahan, sekolah dan fasilitas-fasilitas publik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *