Sering ditanyakan: Mengapa Syiah Dianggap Sesat?

Apa yang salah dari ajaran Syiah?

Secara khusus, Syiah berpendapat bahwa Ali Bin Abi Thalib, yaitu sepupu dan menantu Muhammad dan kepala keluarga Ahlul Bait adalah penerus kekhalifaan setelah Nabi Muhammad, yang berbeda dengan khalifah lainnya yang diakui oleh Sunni.

Kenapa harus ada aliran Syiah?

Menurut Abu zahrah, syi’ah mulai muncul pada akhir masa pemerintahan utsman bin afan kemudian berkembang pada masa pemerintahan ‘Ali bin Abi thalib. Adapun menurut Watt, syi’ah muncul ketika pecahnya peperangan antara Ali dan Mu’awiyah yang dikenal dengan perang sifin.

Apakah Syiah sesat menurut MUI?

” MUI tidak pernah menyatakan bahwa Syiah itu sesat. Syiah dianggap salah satu mazhab yang benar sama halnya dengan ahli sunnah wal jama’ah ialah mazhab yang benar dan mazhab dua tersebut sudah ada sejak awal Islam,” katanya saat ditemui okezone di kediamannya, kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (1/1/2012).

Apakah Syiah boleh di Indonesia?

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tidak pernah melarang ajaran Syiah (Shia Islam) di Indonesia, kecuali mengimbau umat Islam agar meningkatkan kewaspadaan tentang kemungkinan beredarnya kelompok Shia Islam yang ekstrem.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Pendidikan Pancasila Sangat Penting Diberikan Kepada Mahasiswa?

Apakah benar Syiah bukan Islam?

Syiah benar-benar bukan Islam. Sementara Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk memberikan petunjuk bagi seluruh alam. Maka di sini jelas dan mantap, bahwa syiah bukan Islam. Bahwa segolongan umat pengikut Ali bukanlah agama yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad.

Apakah Ada Syiah yang tidak sesat?

Berbeda dengan pendapat di atas, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai aliran Islam Syiah secara umum bukan merupakan aliran sesat. “Tidak sesat, hanya berbeda dengan kita,” kata Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj, di kantor kepresidenan, Jakarta, Selasa 28 Agustus 2012.

Apa yang dimaksud dengan aliran Syiah?

Syiah menurut bahasa berarti pengikut, pendukung, partai, atau kelompok,sedangkan secara terminologis adalah sebagian kaum muslimin yang dalam bidang spiritual dan keagamaannya selalu merujuk pada keturunan Nabi Muhammad SAW.

Kenapa Syiah itu bukan Islam?

Untuk menjawab apakah benar Syiah bukan Islam, sebenarnya tak sulit. Syiah adalah bagian dari Islam karena kaum Syiah bersyahadat, meyakini bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, sama seperti Sunni. Pada prinsip kredo paling mendasar, Syiah dan Sunni adalah bagian dari Islam.

Apa yang dimaksud dengan Syiah?

Syiah yang secara kebahasaan berarti pengikut, pendukung, pembela, dan pecinta ini adalah kelompok yang meyakini bahwa Nabi Muhammad telah menetapkan dengan nash (pernyataan yang pasti) tentang khalifah beliau dengan menunjuk Imam Ali.

Apa yg dimaksud Islam Sunni?

Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah atau Ahlus-Sunnah wal Jama’ah (Bahasa Arab: أهل السنة والجماعة) atau lebih sering disingkat Ahlul-Sunnah (bahasa Arab: أهل السنة), Suni adalah firkah Muslim terbesar yang disebut dengan Ahlus-Sunnah wal Jama’ah atau golongan yang menjalankan sunah (Muhammad) dengan penekanan pada peneladanan

You might be interested:  FAQ: Mengapa 7 Huruf Tidak Dinukilkan Pada Surah Al Fatihah?

Apa Perbedaan Sunni dan Syiah?

Islam Sunni dan Syiah adalah dua mazhab besar dalam Islam. Sunni sebagai penganut ajaran Islam yg pertama menganggap ajaran Syiah menyimpang dari apa yg diajarkan oleh Muhammad, sebaliknya Syiah menganggap ajaran merekalah yang benar.

Bagaimana perkembangan kaum Syiah di Indonesia?

Perkembangan syiah di Indonesia melalui empat tahap gelombang, yaitu: Pertama, bersamaan dengan masuknya Islam di Indonesia; Kedua, pasca revolusi Islam Iran; Ketiga, Melaui Intelektual Islam Indonesia yang belajar di Iran; dan Empat, Tahap keterbukaan melalui Pendirian Organisasi Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia.

Indonesia menganut aliran Islam apa?

“ Islam, pada dasarnya ada dua mazhab atau aliran utama yaitu Sunni dan Syiah, dua aliran ini ada di Indonesia. Sunni di Indonesia terbagi dalam dua kelompok besar: Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Apa yang membuat Ahmadiyah sesat?

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Majelis Ulama Indonesia(MUI) Ma’ruf Amin mengatakan Ahmadiyah adalah ajaran agama yang menyimpang serta sesat. Alasan utamanya yakni mengakui adanya nabi setelah Nabi Muhammad yakni Mirza Ghulam Ahmad. Serta melanggar Undang-undang karena telah melanggar UU Penodaan Agama.

Iran menganut islam apa?

Islam merupakan agama resmi di Iran. 98 persen dari total jumlah penduduk Iran menganut agama ini dan 89 persen dari penduduk Islam mengnut ajaran Syi’ah dan 9 persen lainnya menganut ajaran Sunni. Kebanyakan mereka yang beraliran Suni adalah suku Turkmen, suku Arab, suku Balochi dan suku Kurdi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *