Tanya pembaca: Kerahasiaan Bank Dan Mengapa Bank Harus Selalu Menjaga Kerahasiaannya?

Jelaskan apa Pengecualian dari ketentuan kerahasiaan bank?

Pengecualian Kerahasiaan Bank Dasar dari kegiatan bank adalah kepercayaan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kadar kepercayaan masyarakat kepada bank adalah terjamin atau tidaknya rahasia nasabah yang ada di bank.

Apa yang dimaksud kerahasiaan bank dan apa saja yang termasuk dalam kerahasiaan bank?

“ Rahasia Bank adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai nasabah penyimpanan dan simpanannya.” Prinsip kerahasiaan bank bermula timbul dari tujuan untuk melindungi kepentingan nasabah bank agar terlindungi kerahasiaan yang menyangkut keadaan keuangannya dan data pribadi nasabah.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Komunisme Identik Dengan Ateisme?

Apakah sebuah bank berhak memberikan informasi nasabah kepada bank lain?

Izin Membuka Rahasia Bank Sebagaimana telah di jelaskan di atas bahwa keterangan mengenai Nasabah Penyimpan dan simpanannya wajib dirahasiakan, namun pemberian data dan informasi (rahasia bank ) kepada pihak lain dimungkinkan/ dikecualikan untuk hal-hal tertentu.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan rahasia bank dan sanksi apakah yang akan dikenakan kepada bank yang membocorkan rahasia nasabahnya?

Anggota Dewan Komisaris, Direksi, pegawai bank atau Pihak Terafiliasi lainnya yang dengan sengaja memberikan keterangan yang wajib dirahasiakan menurut Pasal 40, diancam dengan pidana penjara sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun dan paling lama 4 (empat) tahun serta denda sekurang kurangnya Rp 4.000.000.000,00 (empat

Apa saja yang harus dirahasiakan oleh bank?

  • Jumlah kredit;
  • Jumlah dan jenis rekening nasabah (Simpanan Giro, Deposito, Tabanas, Sertifikat, dan surat berharga lainnya);
  • Pemindahan (transfer) uang;
  • Pemberian garansi bank;
  • Pendiskontoan surat-surat berharga; dan.
  • Pemberian kredit.

Kapan rahasia bank bisa gugur?

Rahasia akan gugur bila: 1. Untuk kepentingan perpajakan; Pimpinan Bank Indonesia, atas permintaan Menteri Keuangan, berwenang mengeluarkan perintah tertulis kepada Bank agar memberikan keterangan dan memperlihatkan bukti-bukti tentang keuangan nasabah penyimpan tertentu kepada pejabat pajak.

Apa yang dimaksud dengan prinsip kerahasiaan?

Asas kerahasiaan adalah asas yang mengharuskan atau mewajibkan bank sebagai lembaga keuangan untuk merahasiakan segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan dan lain-lain dari nasabah yang menurut kelaziman dunia perbankan, wajib dirahasiakan.

Faktor apa saja yang termasuk dalam pengecualian penerapan rahasia bank?

Akan tetapi, ada beberapa pengecualian bagi bank untuk memberikan rahasia bank itu, yaitu dalam hal – hal berikut:

  • Untuk kepentingan perpajakan.
  • Untuk penyelesaian piutang bank yang sudah diserahkan kepada Badan Urusan Piutang dan Lelang Negara/Panitia Urusan Piutang Negara.
  • Untuk kepentingan peradilan dalam perkara pidana.
You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Manusia Membutuhkan Pendidikan?

Sebutkan dalam hal apa saja bank tidak boleh merahasiakan informasi mengenai nasabahnya?

“ Bank wajib merahasiakan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya, kecuali dalam hal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 41, Pasal 41A, Pasal 42, Pasal 43, Pasal 44, dan Pasal 44A”. Kata “kecuali” diatas diartikan sebagai pembatasan terhadap berlakunya rahasia Bank.

Apakah prinsip kerahasiaan bank berlaku bagi ahli waris jika nasabah yang bersangkutan tersebut telah meninggal dunia?

Intisari: Pada dasarnya bank wajib merahasiakan segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanan nasabah. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku salah satunya jika atas dasar permintaan ahli waris yang sah dari nasabah penyimpan yang telah meninggal dunia.

Mengapa petugas pajak harus menyimpan rahasia pajak?

Untuk menjamin bahwa kerahasiaan mengenai perpajakan tidak akan diberitahukan kepada pihak lain dan supaya Wajib Pajak dalam memberikan data dan keterangan tidak ragu-ragu, dalam rangka pelaksanaan undang-undang perpajakan, maka perlu adanya sanksi pidana bagi pejabat yang bersangkutan yang menyebabkan terjadinya

Jelaskan apa yang dimaksud dengan rahasia bank sanksi apakah yang akan?

Berdasarkan teori Mutlak, Rahasia Bank sifatnya mutlak. Artinya, semua keterangan mengenai nasabah dan keuangannya yang tercatat di bank wajib dirahasiakan tanpa pengecualian dan pembatasan. Kerahasiaan nasabah dan keuangannya tidak dapat dibuka atau diungkap dengan alasan dan oleh siapapun.

Apakah sanksi yang diberikan kepada bank yang melakukan pelanggaran rahasia bank brainly?

Sanksi aturan rahasia bank, meliputi: pidana penjara sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun dan paling lama 4 (empat) tahun dan denda sekurang-kurangnya Rp. 4.000.000.000,- (empat milyar rupiah) dan paling banyak Rp. 8.000.000.000,- (dua milyar rupiah).

Sanksi yang diberikan kepada siapa saja yang tanpa membawa perintah tertulis atau izin dari Pimpinan Bank Indonesia memaksa pihak bank untuk memberikan keterangan akan diancam dengan pidana penjara sekurang kurangnya?

Ketentuan pidana berkaitan dengan rahasia bank diatur dalam Pasal 47 yang berbunyi: “(1) Barangsiapa tanpa membawa perintah tertulis atau izin dari Pimpinan Bank Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 41, Pasal 41A, dan Pasal 42, dengan sengaja memaksa bank atau Pihak Terafiliasi untuk memberikan Page 36 28

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *