Tanya pembaca: Mengapa Ada Minimal Dua Petugas Dalam Pelaksanaan Kas Kecil?

Bagaimana cara mengisi kembali dana kas kecil jika sudah menipis?

Apabila dana kas kecil semakin menipis maka harus dilakukan pengisian kembali dana kas kecil. Cara atau langkah dalam melakukan pengisian kembali saldo kas kecil antara lain: Bagian pemegang dana kas kecil mengisi formulir pengisian kembali dana kas kecil, serta dilampirkan dengan menggunakan bukti pendukung.

Bagaimanakah perusahaan memperlakukan Adanya selisih dana kas kecil?

Perlakuan selisih kas kecil dicatat setelah dilakukan penelitian dengan seksama pada fisik uang kas kecil maupun pada catatan pembukuannya. Dalam laporan laba rugi, selisih kas kecil lebih diakui sebagai pendapatan di luar usaha, sedangkan selisih kas kecil kurang diakui sebagai beban di luar usaha.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Virus Disebut Metaorganisme?

Mengapa jumlah dana kas kecil harus dibatasi?

Dana Kas Kecil ditetapkan dan dibatasi dalam jumlah tertentu sesuai dengan kebutuhan operasional perusahaan. Kasir atau staf keuangan menjadi pengelola, penanggungjawab dan penyimpan Kas Kecil. Digunakan untuk membayar transaksi-transaksi rutin setiap hari.

Siapakah yang membuat form permintaan pengeluaran dana kas kecil?

Permintaan kembali dana kas kecil dibuat oleh pemegang dana kas kecil. Kas kecil memiliki karakteristik sebagai berikut: a. Jumlahnya dibatasi sehingga tidak atau tidak kurang dari suatu jumlah tertentu yang telah ditentukan oleh management perusahaan.

Bagaimanakah ketentuan pemakaian dana kas kecil?

Pemegang kas kecil berwenang untuk melakukan pengeluaran dengan menggunakan uang dalam kas kecil, selama tidak bertentangan dengan kebijakan manajemen. Jumlah rupiah dari semua bukti pengeluaran ditambah jumlah saldo uang kas kecil harus selalu sama dengan jumlah dana kas kecil yang ditetapkan perusahaan.

Bagian apa saja yang terlibat dalam transaksi pengisian kembali dana kas kecil?

Kasir berfungsi sebagai orang yang bertanggung jawab untuk mengisi cek, meminta otorisasi terhadap cek, dan menyerahkan cek kepada pemegang dana kas kecil. Yang bertanggung jawab untuk melakukan pencatatan pengeluaran kas kecil, transaksi pembentukan dan pengisian kembali dan pengeluaran dana kas kecil ke dalam jurnal.

Apa yang dimaksud dengan selisih kas lebih dan selisih kas kurang dalam selisih dana kas kecil?

Selisih kas lebih (cash overage) adalah keadaan dimana catatan keuangan lebih kecil saldonya dibanding kas fisik yang ada. Dan sebaliknya, pada selisih kas kurang (cash shortage) adalah keadaan jika catatan keuangan saldo justru lebih besar dibanding kas fisik yang dimiliki.

Apa yang dimaksud dengan selisih dana kas kecil?

Selisih kas ataupun kas kecil merupakan perbedaan yang terjadi antara jumlah kas menurut perhitungan fisik dengan catatan kas yang ada pada rekening bank maupun catatan buku besar kas pada perusahaan.

You might be interested:  Mengapa Persebaran Penduduk Tidak Merata?

Apa yang dimaksud dengan selisih kas?

Jawaban. Adalah apabila kas menurut perhitungan fisik lebih besar daripada kas menurut catatan. Adalah apabila kas menurut perhitungan fisik lebih kecil daripada kas menurut catatan. Selisih kas lebih (cas overage) adalah selisih kas dimana saldo buku kas lebih kecil daripada jumlah uang sebenarnya (fisik).

Kapan akan dilakukannya pemeriksaan dana kas kecil?

Pemeriksaan fisik ini merupakan bentuk pertanggungjawaban pengelola dana kas kecil atas semua pengeluaran dana kas kecil yang terjadi selama 1 periode. Pemeriksaan ini dilakukan setiap akhir periode berikut melakukan pemeriksaan pada buku kas kecil yang dilampiri bukti-bukti pengeluaran kas kecil (petty cash voucher).

Saldo dalam kas kecil dimana saldo buku kas lebih kecil daripada jumlah uang tunai yang sebenarnya disebut?

Jawaban: Kondisi saldo buku kas yang lebih besar dari pada jumlah uang tunai yang sebenernya disebut selisih kurang atau cashshortage.

Mengapa dana kas kecil harus ada dalam perusahaan?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pembentukan dana kas kecil adalah untuk membayar berbagai kebutuhan kantor. Alasan utamanya adalah agar kebutuhan yang terhitung kecil ini tidak mengganggu finansial utama dari kantor.

Apa itu petty cash dalam akuntansi?

Petty cash adalah dana yang digunakan untuk pembiayaan operasional perusahaan ataupun hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan. Contoh Kas kecil atau Petty Cash ini adalah sejumlah dana yang dibentuk khusus untuk pengeluaran yang bersifat rutin dan relatif kecil jumlahnya.

Dokumen apa saja yang diperlukan untuk mengelola kas kecil?

Dokumen dokumen apa saja yg diperlukan dalam administrasi kas kecil?

  • bukti kas keluar (BKK)
  • bukti permintaan pengeluaran dana kas kecil (BPPKK)
  • bukti pengeluaran kas kecil /voucher kas kecil.
  • surat permintaan pengisian kembali dana kas kecil.
  • jurnal kas kecil (petty cash record)
You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Sulit Mendapatkan Pekerjaan?

Apa yang dimaksud dengan formulir pengajuan dana kas kecil?

Formulir pengajuan dana kas kecil adalah formulir yang digunakan untuk mengajukan pengisian dana kas kecil. Formulir pengajuan dana kas kecil ini hanya digunakan pada sistem imprest, yaitu pada pembukuan kas kecil sistem dana tetap, sedangkan pada sistem fluktuatif tidak menggunakan formulir pengajuan dana kas kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *