Tanya pembaca: Mengapa Agama Hindu Budha Relatif Mudah Masuk Ke Indonesia?

Jelaskan pengaruh apa saja yang dibawa hindu budha di indonesia?

Pengaruh dari Hindu dan Buddha di Indonesia adalah:

  • Agama. Ketiak Hindu dan Buddha berada di indonesia, menciptakan hampir seluruh penduduk jdi Indonesia untuk bergabung ke dalam agama Hindu dan Buddha.
  • Pemerintahan.
  • Struktur Masyarakat.
  • Pendidikan.
  • Kesenian.
  • Pelajari lebih lanjut.
  • Detil jawaban.

Siapa yang membawa agama Hindu dan Budha ke Indonesia?

Teori Waisya ini dikemukan oleh NJ Krom, dimana teori ini menjelaskan bahwa masuk dan berkembangnya pengaruh Hindu – Budha di Indonesia dibawa oleh orang India berkasta Waisya atau golongan pedagang. Para pedagang merupakan kelompok masyarakat asal India yang paling banyak berintekasi dengan masyarakat pribumi.

Apa yang menyebabkan mundurnya agama Hindu di Indonesia?

1. Kaum Brahmana yang memonopoli upacara keagamaan membuat sebagian dari mereka bertindak sewenang-wenang. Sehingga hal ini menimbulkan rasa anti agama. 3. Timbul golongan yang berusaha mencari jalan sendiri untuk mencapai hidup abadi yang sejati.

You might be interested:  Mengapa Energi Alternatif Tidak Selalu Bisa Langsung Digunakan?

Mengapa agama dan kebudayaan Hindu Budha masih berkembang di Bali?

Karena: Bali sebagai salah satu daerah yang ada di Indonesia dikenal sebagai salah satu daerah yang sebagian besar masyarakatnya memeluk agama Hindu. Hal ini disebabkan oleh karena perkembangan agama Hindu yang sudah berkembang sejak lama di Bali. Agama Hindu sendiri sudah berkembang di Bali sejak abad ke 8.

Apakah bukti yang menunjukkan adanya pengaruh Budha di Indonesia?

Adanya penganut agama Hindu dan Buddha di Indonesia. Berkembangnya seni patung di Indonesia. Penggunaan istilah warman sebagai nama raja seperti di India.Munculnya kerajaan-kerajaan bercorak Hindu – Buddha. Penggunaan bahasa Sanskerta dan tulisan Pallawa dalam kehidupan masyarakat. Adanya sistem kemaharajaan.

Jelaskan bagaimanakah pengaruh ajaran Hindu dalam sistem pemerintahan di kerajaan-kerajaan Indonesia?

Pengaruh agama Hindu bidang pemerintahan adalah munculnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu -Buddha di Indonesia, seperti kerajaan Mataram, Sriwijaya, Kutai, Tarumanegara, Kediri dan lainnya. Sejak masuknya agama Hindu dan Buddha di Indonesia, pengaruh India termasuk sistem pemerintahan juga menyebar.

Siapa yang membawa agama Islam masuk ke Indonesia?

Jawaban: Orang yang pertama kali membawa agama Islam ke Indonesia:para pedagang Gujarat (India). Pengaruh Islam pertama kali muncul di Sumatra. Bukti= ditemukanya prasasti yang menggambarkan adanya Kerajaan Islam di pulau tersebut yaitu Samudra Pasai.

Bagaimana kemunduran Hindu Budha di India?

Pada abad ke-6 SM agama Hindu mengalami kemunduran disebabkan oleh faktor-faktor: Kaum Brahmana yang memonopoli upacara keagamaan membuat sebagai dari mereka bertindak sewenang-wenang. Sehingga hal ini menimbulkan rasa anti agama.

Siapa yang menguatkan teori brahmana?

Jawaban: Bukti-bukti yang menguatkan teori brahmana: 1)Adanya koloni India di Malaysia dan pantai Timur Sumatera (populer dengan nama Kampung Keling) yang banyak ditempati oleh orang Keling dari India Selatan yang memerlukan kaum Brahmana untuk upacara agama (perkawinan dan kematian).

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mengapa Kita Harus Membilas Setelah Selesai Berenang?

Kenapa Islam tidak bisa masuk ke Bali?

Menurut Dhurorudin alasan Gelgel tidak dapat menerima pengaruh Islam di Bali adalah ikatan historis emosional dengan Majapahit. Meski terbebas dari kuasa vasal Majapahit, tetapi penyerangan Demak tidak bisa begitu saja diterima.

Apa sebabnya Bali disebut museum hidup agama Hindu di Indonesia?

Jawaban. Sudah jelas bahwa Bali merupakan sebuah pulau wisata yang keindahannya berada di tiap sudutnya. Mulai dari pantai sampai pura, tempat ibadah umat Hindu yang berdiri di tiap sisi kotanya memberikan keindahan dan ciri khas tersendiri bagi Bali. Sampai-sampai Bali mendapat predikat sebagai museum hidup.

Mengapa agama Hindu di Indonesia dan India berbeda dalam pelaksanaannya?

Kenapa Hindu di Bali dan Hindu di India Berbeda? Penyebab utama perbedaan ajaran Hindu di Bali dan di India yaitu karena Hindu memiliki sifat lebih moderat dan mampu menyesuaikan diri dengan budaya masyarakat. Ajaran Hindu dengan mudah mengalami akulturasi tanpa menghancurkan nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *