Tanya pembaca: Mengapa Bahasa Indonesia Dijadikan Sebagai Bahasa Persatuan?

Mengapa Bahasa Indonesia di sebut sebagai bahasa persatuan?

Bahasa Indonesia merupakan bahasa Melayu yang sejak abad ke-18 sudah menjadi bahasa pergaulan di Indonesia (lingua franca). Karena dikenal luas dan mudah dipelajari, maka bahasa Melayu dipilih sebagai bahasa persatuan.

Mengapa bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa persatuan brainly?

Jawaban. Jawaban: 1. Karena bahasa Indonesia dianggap sebagai simbol penting dalam mempersatukan keanekaragaman suku bangsa, bentuk identitas nasionalisme bangsa, dan semangat menentukan nasib sendiri untuk melepaskan diri dari kolonialisme.

Sejak kapan Bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa persatuan brainly?

Bahasa Indonesia (yang merupakan varian lain dari bahasa Melayu) dikukuhkan sebagai Bahasa Persatuan secara resmi pada Kongres Pemuda yang berlangsung 28 Oktober 1928.

2 bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa persatuan Apa maksudnya?

Maksudnya ialah bahasa indonesia sebagai bahasa negara karena bahasa indonesia adalah sebagai bahasa nasional bahasa ciri khas dari negara tersebut,dan mengapa bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan karena bahasa indonesia mempersatukan orang orang dari sabang sampai merauke dan di setiap daerah memiliki bahasa yang

Jelaskan apa yang dimaksud dengan bahasa persatuan?

Bahasa persatuan adalah bahasa yang mempersatukan perbedaan dalam sebuah negara atau wilayah. Dalam hal ini, bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan atau bahasa setempat di wilayah lain yang telah ditetapkan sebagai bahasa nasional suatu negara.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Susah Buang Air Besar?

Kapankah bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa persatuan Negara Indonesia *?

Nah, perjalanan panjang bahasa Melayu sebagai lingua franca membuktikan, bahasa ini bisa mempersatukan bangsa Indonesia yang majemuk. Bahasa Melayu kemudian dikukuhkan menjadi bahasa Indonesia dan sebagai bahasa pemersatu bangsa pada 28 Oktober 1928.

Kapan Bahasa Indonesia di lahirkan?

Sumpah Pemuda, Sejarah Lahirnya Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan JAKARTA, KOMPAS.com – Momentum penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan terjadi pada hari ini, 92 tahun yang lalu, yaitu 28 Oktober 1928, bersamaan dengan Sumpah Pemuda.

Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa persatuan apa maksudnya brainly?

Arti dari bahasa indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa persatuan adalah: Kenyataan sejarah itu berarti bahwa bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan telah berfungsi secara efektif sebagai alat komunikasi antarsuku, antardaerah, dan bahkan antarbudaya.

C apa maksud dari bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan persatuan?

Bahasa Indonesia dikenal secara luas sejak “Soempah Pemoeda”, 28 Oktober 1928, yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Bahasa Indonesia bisa menjalankan fungsi sebagai pemersatu bangsa Indonesia. Dengan menggunakan bahasa Indonesia rasa kesatuan dan persatuan bangsa yang berbagai etnis terpupuk.

Apa yang dimaksud dengan bahasa negara dan bahasa nasional?

1. bahasa nasional: bahasa yang secara umum digunakan untuk berhubungan/berkomunikasi antarsuku/daerah. 2. bahasa negara: bahasa yang secara hukum diakui sebagai bahasa identitas suatu negara (biasanya sama dengan bahasa nasional ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *