Tanya pembaca: Mengapa Bahasa Melayu Menjadi Bahasa Indonesia?

Kenapa Bahasa Melayu menjadi dasar bahasa Indonesia?

Dapat ditarik kesimpulan bahwa Bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia karena bahasa Melayu telah digunakan sebagai bahasa pergaulan (Lingua Franca) di Nusantara. Sistem bahasa Melayu sederhana, mudah dipelajari karena dalam bahasa Melayu tidak dikenal tingkatan bahasa ( bahasa kasar dan bahasa halus).

Jelaskan faktor faktor apa yang menyebabkan sehingga bahasa Melayu diterima sebagai bahasa nasional?

Bahasa Indonesia merupakan bahasa Melayu yang sejak abad ke-18 sudah menjadi bahasa pergaulan di Indonesia (lingua franca). Karena dikenal luas dan mudah dipelajari, maka bahasa Melayu dipilih sebagai bahasa persatuan. Selain juga karena lebih mudah dan mudah diterima oleh semua kalangan.

Kapan bahasa Melayu dijadikan sebagai bahasa Indonesia?

TRIBUNNEWSWIKI.COM – Bahasa Indonesia, yang berasal dari bahasa Melayu, diresmikan menjadi bahasa negara atau bahasa nasional pada 18 Agustus 1945. Penyebutan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara ada di Undang-Undang Dasar (1945) yang disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI.

Mengapa Bahasa Indonesia dijadikan bahasa pemersatu antar suku bangsa?

Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu suku, budaya dan bahasa maksudnya adalah bahwa bahasa Indonesia memungkinkan keserasian di antara suku – suku, budaya dan bahasa di Nusantara, tanpa harus menghilangkan indentitas kesukuan dan kesetiaan kepada nilai-nilai sosial budaya serta latar belakang bahasa daerah yang

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Bayi Susah Makan?

Mengapa bahasa Melayu disebut sebagai bahasa yang tidak memiliki tingkatan?

Bahkan dapat dikatakan bahasa melayu tanpa tingkatan bahasa. Pertama, bahasa Melayu telah tersebar luas di wilayah Nusantara. Hal itu disebabkan oleh penuturnya yang cenderung berwatak perantau. Penutur bahasa Melayu merantau karena kebanyakan diantara mereka berprofesi sebagai pedagang.

Apakah bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa benar benar telah mampu menyatukan kita semua?

Apakah Bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa Indonesia benar – benar telah mampu menyatukan kita sebagai bangsa? Jawabannya: Iyah, dalam Pasal 25 ayat (2) Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Apa bahasa pemersatu bangsa Indonesia?

Jawabannya adalah Bahasa Indonesia. Penjelasan: Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang dikembangkan di negara Indonesia dan merupakan bahasa resmi dari negara. Hal ini terbentuk di Sumpah Pemuda di bagian “Kami putera puteri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”

Apakah yang menjadi pemersatu diantara perbedaan bahasa bahasa daerah?

Jawaban: Yang menjadi pemersatu di antara perbedaan bahasa bahasa daerah adalah BAHASA INDONESIA. Penjelasan: Karena bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *