Tanya pembaca: Mengapa Dalam Masyarakat Sering Terjadi Perbuatan Main Hakim Sendiri?

Apa sebabnya masyarakat tidak boleh melakukan tindakan main hakim sendiri?

Jawaban terverifikasi ahli. Indonesia merupakan negara hukum dan mempunyai norma. Jika kita main hakim sendiri, akan mengakibatkan pelanggaran hukum karena menindak orang lain diluar norma yang berlaku.

Bagaimana cara mencegah dan menindak tindakan main hakim sendiri *?

MENCEGAH TINDAKAN MAIN HAKIM SENDIRI

  1. Menekankan kembali kepada seluruh anggota satuan untuk menghindari segala bentuk tindak kekerasan yang menjurus pada perbuatan main hakim sendiri.
  2. Berupaya menyelesaikan permasalahan dengan mengutamakan proses hukum dan mengambil tindakan tegas kepada oknum anggota TNI yang melakukan pelanggaran.

Mengapa terjadi Eigenrichting?

Hasil: Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya Eigenrichting, baik dari faktor internal maupun eksternal. Faktor internal diantaranya daya emosional, mental individu, pendidikan yang rendah dan kurangnya kesadaran hukum.

Apa yang dimaksud dengan main hakim sendiri?

Main hakim sendiri adalah istilah bagi tindakan untuk menghukum suatu pihak tanpa melewati proses yang sesuai hukum. Contoh dari tindakan main hakim sendiri adalah pemukulan terhadap pelaku kejahatan oleh masyarakat.

Dalam upaya menegakkan hukum masyarakat tidak boleh main hakim sendiri mengapa masyarakat tidak boleh main hakim sendiri dan apa yang harusnya dilakukan masyarakat?

Jawaban: Karna main hakim sendiri dapat menyebabkan kericuhan(perdebatan)antar masyarakat. Seharusnya masyarakat melakukan musyawarah agar tercapai mufakat/supaya bisa menyelesaikan masalah.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Seorang Akuntan Publik Wajib Menjaga Kerahasiaan Laporan Keuangan Para Klien?

Bagaimana konsep Eigenrichting?

Perbuatan main hakim sendiri ( eigenrichting ) sebagai bentuk pengendalian sosial oleh masyarakat berupa mengadili secara bersama-sama terduga pelaku tindak pidana yang disebabkan oleh faktor hasutan, emosi, ketidakpercayaan terhadap penegak hukum, pembalasan untuk membuat jera dan ketidaksigapan penegak hukum yang

Mengapa tindakan main hakim sendiri terhadap pelaku kejahatan sendiri termasuk tindakan pelanggaran HAM?

Tindakan main hakim sendiri jika dikaitkan dengan Pasal 1 angka 6 merupakan pelanggaran hak asasi manusia karena pada dasarnya pelanggaran hak asasi manusia merupakan tindakan pelanggaran kemanusiaan baik dilakukan oleh individu maupun oleh institusi lainnya terhadap hak asasi individu lain tanpa dasar atau alasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *