Tanya pembaca: Mengapa Konflik Dapat Terjadi?

Mengapa konflik sosial bisa terjadi brainly?

Jawaban. Karena Ada nya perbedaan kepentingan pada masyarakat Yg tidak disertai toleransi sosial. Serta adanya berbagai perbedaan sosial seperti ras, suku, agama, gender, bahasa, Dsb. Sehingga memicu munculnya konflik sosial.

Mengapa bisa terjadi konflik di Indonesia?

Perbedaan kebudayaan Antar suku bangsa di Indonesia memiliki berbagai perbedaan. Konflik yang disebabkan oleh faktor budaya dipicu karena adanya ketidaksesuaian pelaksanaan norma, nilai, dan kepentingan sosial akibat adanya proses perubahan sosial dan pola masyarakat yangheterogen atau multikultural.

Mengapa konflik akan selalu terjadi dalam kehidupan manusia?

Karena dalam kehidupan manusia, terdapat keanekaragaman yang tinggi. Manusia itu diciptakan dalam keadaan yang berbeda-beda sehingga dapat menimbulkan perbedaan pendapat dan sikap yang berbeda. Nah, sikap manusia juga dapat menyebabkan terjadinya konflik seperti egoisme.

Mengapa konflik sosial dapat terjadi di lingkungan masyarakat?

Perbedaan kebiasaan, nilai dan norma sosial yang dianut oleh masing-masing orang atau kelompok dapat menjadi pemicu konflik jika seluruh pihak tidak mencoba mengerti nilai dan norma satu sama lain. Tingkat kebutuhan hidup yang berbeda-beda seringkali menyebabkan adanya perbedaan kepentingan antar individu dan kelompok.

You might be interested:  FAQ: Jelaskan Mengapa Pemasaran Harus Berorientasi Pada Pelanggan.?

Mengapa dalam suatu masyarakat terjadi perubahan sosial?

Perubahan sosial terjadi karena adanya perubahan dalam unsur-unsur yang mempertahankan keseimbangan masyarakat, seperti perubahan dalam unsur-unsur geografis, biologis, ekonomis, dan kebudayaan. Hal ini berarti, perubahan sosial akan selalu terjadi pada setiap bagian dari masyarakat itu sendiri.

Mengapa terjadi konflik budaya?

FAKTOR PENYEBAB TERJADI NYA KONFLIK 1. konflik muncul karena ada benturan budaya, Benturan budaya antar etnik terjadi karena adanya kategori atau identitas sosial yang berbeda. Ketersediaan sumber daya ekonomi di suatu wilayah menjadi indikator penting bagi kemungkinan terjadinya konflik.

Bagaimana sebuah konflik ekonomi dapat terjadi?

Konflik ekonomi merupakan konflik yang terjadi karena adanya perebutan sumber daya demi kepentingan ekonomi.

Apa yang menyebabkan terjadinya konflik sosial?

Faktor Penyebab Konflik Sosial

  • Perbedaan antara individu-individu. Perbedaan pendirian, perasaan, akan melahirkan bentrok atau konflik di antara individu.
  • Perbedaan kebudayaan.
  • Perbedaan kepentingan.
  • Perubahan sosial.

Apa akibat dari konflik itu?

Akibat konflik meningkatkan solidaritas sesama anggota kelompok (ingroup) yang mengalami konflik dengan kelompok lain. keretakan hubungan antar kelompok yang bertikai. perubahan kepribadian pada individu, misalnya timbulnya rasa dendam, benci, saling curiga dll. kerusakan harta benda dan hilangnya jiwa manusia.

Kenapa perbedaan kepentingan bisa menimbulkan suatu konflik jelaskan beserta contohnya?

Jawab: Pertbedaan kepentingan bisa menimbulkan konflik karena setiap manusia memiliki perasaan,pendirian, amupun latar kebudayaan yang berbeda- beda. Contoh: Konflik antara kelompok buruh dengan pengusaha terjadi karena perbedaan kepentingan diantara keduanya.

Mengapa konflik dikatakan bersifat kekerasan?

Jawaban terverifikasi ahli. Suatu konflik bisa berubah menjadi kekerasan apabila upaya – upaya dari penyelesaian suatu konflik tidak dilaksanakan secara bersungguh – sungguh oleh pihak yang berkaitan. Konflik sosial tidak dapat dielakkan, hal ini dikarenakan sifat masyarakat yang multikultural.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Malaka Menjadi Pusat Penyebaran Agama Islam Di Daerah Pedalaman?

Mengapa konflik dan kekerasan sering terjadi di masyarakat?

Karena didalam masyarakat terdiri atas bermacam macam suku, agama, ras, dan etnik yang mana antara satu sama lain memiliki perbedaan perbedaan. Akibat dari perbedaan itu, muncul konflik. Apabila konflik berlarut larut maka berlanjut ke Kekerasan dimasyarakat.

Bilamana suatu konflik dapat terjadi?

Jawaban terverifikasi ahli. Analisis menurut pendapat Charles Watkins adalah bahwa sebuah konflik akan mampu untuk dapat terjadi apabila sekurang-kurangnya akan terdapat dua orang pihak yang dimana kemudian secara potensial dan juga praktis dan juga operasional yang diman kemudian saling menghambat.

Bagaimana cara mencegah terjadinya konflik di masyarakat?

12 Cara Elegan Menghindari Konflik di Tempat Kerja

  1. Ciptakan Suasana Positif.
  2. Menerima Perbedaan Karakter.
  3. 3. Jangan Terjebak Perilaku Emosional.
  4. 4. Berkomunikasi dengan Santun.
  5. Ketahui Apa yang Penting Bagi Orang Lain.
  6. 6. Berikan Kritik dengan Santun.
  7. 7. Dahulukan Dukungan Dibanding Kritikan.
  8. 8. Hargai Pendapat dan Prinsip Rekan Kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *