Tanya pembaca: Mengapa Negara Negara Di Asia Tenggara Membentuk Asean?

Mengapa negara-negara di Asia Tenggara melaksanakan kerja sama?

Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional. Meningkatkan kerjasama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi.

Mengapa negara-negara di Asia Tenggara memiliki potensi pertanian yang besar?

Jawaban: 1)Karena negara – negara di Asia Tenggara kebanyakan mengurusi ladang dan sawah. Karena Thailand adalah salah satu produsen beras terbesar di Asia Tenggara. Thailand disebut sebagai lumbung padi ASEAN karena Thailand merupakan negara penghasil padi terbesar di Asia Tenggara.

Apa yang menyebabkan kawasan Asia Tenggara masih memiliki wilayah hutan yang cukup luas?

Jawaban. Karena adanya iklim tropis yang dimiliki kawasan Asia Tenggara. Pengaruh iklim bisa dari curah hujan, suhu dan tekanan, dll.

Mengapa Negara-Negara Asean harus ikut serta menjaga perdamaian dan ketenangan kawasan Asia Tenggara?

Jawaban: Sebab tujuan berdirinya ASEAN untuk menciptakan kedamaian dan kerjasama di wilayah Asia Tenggara.

You might be interested:  Pertanyaan: Mengapa Suatu Larutan Dapat Menghantarkan Listrik?

Mengapa negara negara di asia tenggara memiliki iklim tropis?

Pada umumnya, negara – negara yang terdapat di Asia Tenggara beriklim tropis. Hal ini dikarenakan letak geografis yang dimiliki oleh Asia Tenggara. Dimana hal tersebut membuktikan bahwa Asia Tenggara terletak di daerah lintang rendah yang mampu menyebabkan iklim tropis.

Apakah Taiwan termasuk Asia Tenggara?

Secara geografis (dan juga secara historis) sebenarnya Taiwan dan pulau Hainan juga termasuk Asia Tenggara, sehingga diikutkan pula. Kepulauan Cocos dan Pulau Natal, yang terletak di selatan Jawa, oleh beberapa pihak dimasukkan sebagai Asia Tenggara meskipun secara politik berada di bawah administrasi Australia.

Mengapa di wilayah Asia Tenggara merupakan wilayah pertanian yang subur?

karena wilayah Asia tenggara merupakan negara yang dilalui lipatan sirkum Pasifik atau tempat pertemuan tiga lempeng, lalu Asia tenggara juga mempunyai banyak gunung berapi seperti Indonesia dan Filipina.

Negara apa saja yang masuk dalam wilayah Asia Tenggara?

Asia Tenggara memiliki total populasi sebanyak 655.298.044 jiwa yang terdiri dari 11 negara, yaitu:

  • Indonesia.
  • Malaysia.
  • Singapura.
  • Thailand.
  • Filipina.
  • Brunei Darussalam.
  • Vietnam.
  • Myanmar.

Kenapa kawasan Asia Tenggara memiliki curah hujan yang lebih tinggi dibandingkan kawasan Asia Selatan?

Sebagian besar iklim tropis benua Asia, berlaku di negara-negara Asia Tenggara. Fenomena tersebut: disebabkan letak di dekat garis Khatulistiwa (Ekuator) menyebabkan curah hujan tinggi, suhu hangat dan sinar matahari sepanjang tahun.

Mengapa Negara Negara Asean harus mengikuti?

karena jika negara Asean mengikuti eranya maka,negara² mengikuti perputaran perkembangan zaman, dalam era globalisasi, akan memuat negara² Asean bersaing dg negara lain di kancah internasional. dan mengikuti teknologi baru yang sesuai dengan perkembangan zaman.

You might be interested:  FAQ: Mengapa Manajemen Disebut Sebagai Seni Dan Ilmu Pengetahuan?

Apa peran asean dalam mencegah timbulnya?

Jawaban: dibentuk adanya APSC yaitu ASEAN political security comunity yang dibentuk untuk mencegah konflik dengan damai dan membentuk perdamaian setelah adanya konflik. APSC ini memiliki tujuan untuk menjalin kerjasama politik untuk membentuk perdamaian para anggotanya dan meningkatkan integritas negara” anggotanya.

Mengapa negara Asean harus saling hidup rukun?

Jawaban. karena untuk menjalin persaudaraan,kegotongroyongan,kerukunan antar negara,sebab apabila negara mendapat suatu masalah dapat dibantu oleh negara lain dengan cara bekerja sama memecahkan suatu masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *